Mesin Bor

Mesin Bor - adalah suatu jenis mesin gerakanya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan). Sedangkan Pengeboran adalah operasi menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam lembaran-kerja dengan menggunakan pemotong berputar yang disebut bor dan memiliki fungsi untuk Membuat lubang, Membuat lobang bertingkatm, Membesarkan lobang, Chamfer. Cara kerja mesin bor adalah dengan cara memutar mata pisau dengan kecepatan tertentu dan ditekan ke suatu benda kerja.

Fungsi utama dari Mesin Bor adalah untuk melubangi benda kerja dengan ukuran-ukuran  tertentu. Mesin Bor terdapat dua jenis yakni Mesin Bor duduk dan Mesin Bor  tangan. Mesin Milling merupakan sebuah alat atau perkakas yang digunakan  untuk menyayat atau membentuk suatu benda kerja dengan bahan bentuk dasar  balok. Mesin milling adalah mesin perkakas untuk mengerjakan atau menyelesaikan permukaan suatu benda kerja dengan mempergunakan pisau  sebagai alatnya. Pada mesin frais, pisau terpasang pada arbor dan diputar oleh  spindle. Benda kerja terpasang pada meja dengan bantuan catok atau ragum (vice) atau alat Bantu lainnya.

Jenis-Jenis Mesin Bor

1. Mesin Bor Meja

Mesin Bor meja adalah Mesin Bor yang diletakkan diatas meja. Mesin ini digunakan untuk membuat lobang benda kerja dengan diameter kecil (terbatas sampai dengan diameter 16 mm). Prinsip kerja Mesin Bor meja adalah putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin sehingga poros berputar. Selanjutnya poros berputar yang sekaligus sebagai pemegang mata bor dapat digerakkan naik turun dengan bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang dapat mengatur tekanan pemakanan saat pengeboran.

2. Mesin Bor Lantai

Mesin Bor lantai adalah Mesin Bor yang dipasang pada lantai. Mesin Bor lantai disebut juga Mesin Bor kolom. Jenis lain Mesin Bor lantai ini adalah Mesin Bor yang mejanya disangga dengan batang pendukung. Mesin Bor jenis ini biasanya dirancang untuk pengeboran benda-benda kerja yang besar dan berat.

3.Mesin Bor Radial

Mesin Bor radial khusus dirancang untuk pengeboran benda-benda kerja yang besar dan berat. Mesin ini langsung dipasang pada lantai, sedangkan meja mesin telah terpasang secara permanen pada landasan atau alas mesin.

4. Mesin Bor Koordinat

Mesin Bor koordinat pada dasarnya sama prinsipnya dengan Mesin Bor sebelumnya. Perbedaannya terdapat pada sistem pengaturan posisi pengeboran. Mesin Bor koordinat digunakan untuk membuat/membesarkan lobang dengan jarak titik pusat dan diameter lobang antara masing-masingnya memiliki ukuran dan ketelitian yang tinggi. Untuk mendapatkan ukuran ketelitian yang tinggi tersebut digunakan meja kombinasi yang dapat diatur dalam arah memanjang dan arah melintang dengan bantuan sistem optik. Ketelitian dan ketepatan ukuran dengan sisitem optik dapat diatur sampai mencapai toleransi 0,001 mm.

Bagian Utama Mesin Bor

1. Spindel pada Mesin Bor berfungsi menggerakkan mata bor
2. Drill head pada Mesin Bor berfungsi menopang mekanisme penggerak pisau potong danmenghantarkan ke benda kerja.
3. Lengan Radial, bagian dari Mesin Bor radial yang dapat bergerak naik turun maupun berputar dimana motor penggerak dan drill head terpasang kuat.
4. Meja, bagian yang menopang seluruh bagian Mesin Bor dimana meja terbuat dari material besicor dengan kekuatan yang tinggi dan stabilitas yang mantap

Biasanya kecepatan potong dilambangkan dengan huruf V dalam satuan meter per menit. Jarak keliling yang ditempuh mata bor adalah sama dengan jarak atau panjangnya bram yang terpotong dalam satuan panjang per satuan waktu.

Berdasarkan hal tersebut maka jarak keliling yang ditempuh mata potong bor (U) sama dengan panjangnya bram terpotong dalam satuan meter per menit. Berarti kecepatan potong sama dengan jarak keliling pemotongan mata bor. Maka:V = U jadi, V=p x d x n (m/menit)i. Pemakanan Pengeboran Pemakanan adalah jarak perpindahan mata potong bor ke dalam lobang/benda kerja dalam satukali putaran mata bor.

Besarnya pemakanan dalam pengeboran dipilih berdasarkan jarak pergeseran mata bor dalam satu putaran, sesuai dengan yang diinginkan. Pemakanan juga tergantung pada bahan yang akan dibor, kualitas lobang yang dibuat, kekuatan mesin yang ditentukan berdasarkan diameter mata bor.

Diameter Mata Bor(mm)Besarnya Pemakanan Dalam SatuKali Putaran(mm)
-3 0.025 - 0.050
3 - 6 0.050 - 0.100
6 - 12 0.100 - 0.175
12 - 25 0.175 - 0.375
25 dan seterusnya 0.375 - 0.675


Keselamatan Kerja

Kecelakaan adalah suatu kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan atau tidak disengaja serta tiba-tiba dan dapat menimbulkan baik harta maupun jiwa manusia. Kecelakaan kerja adalah kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja atau sedang melakukan pekerjaan disuatu tempat kerja.

Keselamatan kerja adalah menjamin keadaan, keutuhan dan kesempurnaan, baik jasmaniah maupun rohaniah manusia serta hasil karya dan budayanya tertuju pada kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan manusia pada khususunya.

Tujuan keselamatan dan kesehatan kerja Dari pemahaman diatas sasaran keselamatan kerja adalah :

  1. Mencegah terjadinya kecelakaan kerja
  2. Mencegah timbulnya penyakit akibat suatu pekerjaan
  3. Mencegah/mengurangi kematian
  4. Mencegah/mengurangi cacat tetap
  5. Mengamankan material, kontruksi, pemakaian, pemeliharaan bangunan, alat-alat kerja, mesin-mesin, instalasi dan lain sebagainya
  6. Meningkatkan produktivitas kerja tanpa memeras tenaga kerja dan menjamin produktifnya.
  7. Mencegah pemborosan tenaga kerja, modal, alat dan sumber-sumber produksi lainnya
  8. Menjamin tempat kerja yang sehat, bersih, aman dan nyaman sehingga dapat menimbulkan kegembiraan semangat kerja
  9. Memperlancar, meningkatkan dan mengamankan produksi industri serta pembangunan Dari sasaran tersebut maka keselamatan kerja di tujukan bagi : 
  1. Manusia (pekerja dan masyarakat)
  2. Benda (alat, mesin, bangunan dll)
  3. Lingkungan (air, udara, cahaya, tanah, hewan dan tumbuh-tumbuhan)

KESELAMATAN KERJA DI PERBENGKELAN OTOMOTIF

  1. Kenakan celana tanpa kantong yang tidak tertutup karena kantong celana dapat kemasukan bunga api zat-zat yang merugikan.
  2. Kenakan sepatu yang sesuai dan rawat baik-baik (dalam kondisi baik). Sepatu usahakan bersol atau bersol baja yang di tengahnya dapat melindungi dari luka akibat benda tajam dan paku yang menonjol. Perlindungan utama terhadap benda, sepatu bersol baja di tengahnya dapat melindungi dari kejatuhan benda-benda berat.
  3. Jaga rambut panjang dengan topi atau penutup kepala yang rapat seperti disarankan dalam peraturan. Apabila rambut anda panjang dapat dengan mudah tersangkut mesin, misalnya Mesin Bor, beberapa orang terluka karena itu.
  4. Jangan memakai cincin atau jam karena sangat berbahaya hingga anda dapat kehilangan jari- jari.
  5. Gunakan perlengkapan perlindungan pribadi yang sesuai dengan pekerjaan. Beberapa peralatan perlindungan yang tersedia harus dikenakan secara benar pada semua situasi kerja. Sehingga dapat menyelamatkan diri dari kemungkinan terluka.
  6. Kenakan kacamata penyelamat ketika menggunakan gerinda atau mesin bubut dan beberapa tugas lainnya agar debu atau material tidak dapat masuk ke mata.
  7. Hindari berbaring pada lantai beton atau lantai sejenis ketika bekerja di bawah kendaraan. Gunakan selalu kain krep atau bahan penutup untuk berbaring karena berhubungan dengan lantai dingin dapat merusak kesehatan, terutama dalam waktu yang lama.

 

 

Jadwal dan Daftar Harga Pelatihan/Training.

Utk Informasi Lebih Lanjut atau ada yang mau di Tanyakan Silahkan Hubungi ke Customer Service kami, dengan Click Contact US. atau Silahkan Chat Kami dengan Live Chat KDJ yg ada di bawah Page, atau Chat via WA kami Click. 

 

Ingin Gabung Bisnis Waralaba Automotive Services atau Daftar Riksa Uji?